Skip to main content

ABOUT SCIENE (Tentang Science)

Hello semuaa...
Bagaimana kabarnya hari ini??
Semoga baik dan ceriaaaa
kalian tau tidak? apa itu science?

Mari kita belajar bersama.. dan kita bedah tentang science, ok!!!

      Kata "science/sains(ilmu pengetahuan)" mungkin membawa kita ke dalam pikiran yang berbeda: buku teks tebal , jas lab putih dan mikroskop, seorang astronom mengintip melalui teleskop, seorang naturalis di hutan hujan, persamaan Einstein menulis di papan tulis, peluncuran pesawat luar angkasa, semuanya mencerminkan berbagai aspek ilmu pengetahuan. akan tetapi tidak satupun dari kita atau mereka yang memberikan gambaran lengkap karena ilmu pengetahuan memiliki begitu banyak aspek.


        Science, Berasal dari bahasa Latin, yang berarti "pengetahuan", adalah usaha memulai kegiatan yang sistematis untuk membangun dan mengatur pengetahuan dalam bentuk penjelasan dan prediksi yang ada di alam semesta. Dalam penggunaan modern, "Science" lebih sering mengacu kepada cara untuk mengejar pengetahuan tetapi tidak hanya pengetahuan itu sendiri.

        Pengetahuan yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan yang kuat dan dapat diandalkan. Hal ini dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi baru, mengobati penyakit, dan menangani jenis jenis masalah.



Sains sedang berlangsung. Sains terus memperbaiki dan memperluas pengetahuan kita tentang alam semesta, dan seperti halnya, itu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan baru untuk penelitian di masa depan. Ilmu tidak akan pernah "selesai."

             Science bisa tidak ada gunanya bagi seseorang jika dipelajari dengan cara yang salah; Menghafal rumus tanpa mengerti konsep, menghafal berbagai metode untuk mengerjakan soal, dan sebagainya adalah salah satu contoh bentuk kesalahan dalam mempelajari science.Tetapi science juga bisa sangat sangat dekat dengan kehidupan seseorang jika kita bisa menerapkan metode berpikir saintifik dalam mengevaluasi informasi yang kita terima.

              Suatu teori pada science harus didukung dengan bukti (evidence) yang kuat. Antara teori yang satu dengan yang lainnya harus kompatibel, tidak boleh ada pertentangan. Begitu juga ketika mengajukan hipotesis baru. Suatu kejadian bisa diprediksi dengan mendeduksi dari teori yang sudah diketahui. Korelasi antara dua kejadian atau lebih bisa terlihat dari data statistik. Dan sebagainya.

             Proses mempelajari science dengan benar akan melatih kita menggunakan prinsip-prinsip logika dalam mengevaluasi apakah informasi yang kita peroleh itu benar atau salah. Proses pelatihan ini akan mengasah ketajaman kita dalam berpikir kritis dan menggunakan logika.

           Sifat asli science sebagai ilmu untuk memahami alam semesta, cara belajar yang sesungguhnya adalah melalui pengamatan dan percobaan. Dari pengamatan dan percobaan terhadap sebuah fenomena, dapat belajar mengambil kesimpulan. Melalui pengamatan dan percobaan pula, dapat belajar menghubungkan antara realitas dan teori science yang pernah dipelajarinya.

               Sayangnya, pengamatan dan percobaan itu seringkali dianggap sebagai hal yang sulit dan membebani dalam pengajaran science. Padahal, tanpa pengamatan, percobaan, dan kemampuan berdeduksi (mengambil kesimpulan), ilmu science ibarat badan yang tanpa ruh. Science akan menjadi sekedar teoris/intelektualdan kehilangan keterkaitannya dengan realitas sehari-hari.




Comments

Popular posts from this blog

Cara menggunakan mikroskop

Cara Menggunakan Mikroskop a. Mengambil mikroskop dari kotak penyimpanannya! Tangan kanan memegang bagian lengan mikroskop dan tangan kiri memegang alas mikroskop.  Kemudian, mikroskop diletakkan di tempat yang datar, kering, dan memiliki cahaya yang cukup. b. Pasang lensa okuler dengan lensa yang memiliki ukuran perbesaran sedang. Kemudian, putar revolver sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi ”klik” pada revolver. c. Cahaya tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang), seperti yang terlihat pada gambar, dapat diperoleh dengan cara berikut.     1) Mengatur diafragma untuk mendapatkan cahaya yang terang.     2) Mengatur cermin untuk mendapatkan cahaya yang akan dipantulkan ke diafragma sesuai kondisi ruangan. Pengaturan dilakukan dengan cara melihat melalui lensa okuler (apakah lapang pandang sudah terang/jelas?). INGAT: beberapa mikroskop telah dilengkapi lampu sehingga tidak perlu...

Bab 9. Indera pendengaran dan sistem sonar pada makhluk hidup

Bab 9. Indera pendengaran dan sistem sonar pada makhluk hidup Gelombang bunyi yang masuk ke telinga luar akan menggetarkan gendang telinga. Getaran-getaran tersebut diterima oleh syaraf auditorius atau receptor pendengar dan selanjutnya dikirim ke otak. Pada sistem pendengaran, telinga akan mengubah energi gelombang menjadi impuls saraf yang diterjemahkan oleh otak sebagai suara. Musik, pembicaraan, atau bunyi berisik di lingkungan sekitar dapat kamu dengar karena adanya reseptor sensorik yang merupakan sel-sel rambut, suatu tipe fonoreseptor. Fonoreseptor merupakan reseptor penerima bunyi atau suara yang ada di organ telinga, yang akan menghantarkan impuls ke otak. Sebelum mencapai ke sel-sel rambut ini, gelombang akan diubah oleh beberapa struktur yang ada di telinga. A. Indera Pendengaran pada Manusia   Gambar struktur dan fungsi bagian pada telinga. 1. Getaran Semua benda akan bergetar apabila diberi gangguan. Benda yang bergetar ada yang dapat terlihat secara kasat...

Suhu dan Perubahannya

A. Pengertian Suhu Suhu menyatakan derajat panas benda. Secara mikroskopik, suhu berkaitan dengan gerak partikel-partikel penyusun benda. Untuk benda padat, berupa getaran atom-atom/molekul-molekul penyusun benda. Semakin cepat getaran partikel-partikel benda, berarti suhu benda semakin tinggi, dan sebaliknya Pengukuran suhu dengan termometer memanfaatkan prinsip kesetimbangan termal: energi panas akan pindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, hingga tingkat panas keduanya sama (berada pada kesetimbangan termal). Termometer memanfaatkan sifat fisis bahan yang berubah secara linear karena perubahan suhu. Perubahan ini meliputi:   a. Perubahan ukuran (benda mengalami pemuaian jika suhu naik, dan mengalami penyusutan jika suhu turun), misalnya: termometer zat cair. b.  Perubahan volume gas pada tekanan tetap. Ingat hukum Boyle-Gay Lussac: Jadi, jika suhu naik, maka volume gas akan naik asalkan...